SIGNIFICANCE TODAY

(Oleh Sosai Masutatsu Oyama)

(Ini Alasan Kenapa Kita Harus Ijin Mendirikan Dojo Kepada Sosai Atau Penerusnya. Jangan mencuri hak keahlian Sosai Oyama kalo mau menjadi murid yang baik. Osu !..Red)

Gambar

Sebelum saya memulai dengan Topik yang sangat penting di atas, saya harus menceritakan secara detail dan sejelas-jelasnya seusai dengan asli dan fakta sejarah terjadi sebenarnya tentang bagaimana Karate menjadi booming ke seluruh dunia. Asumsi selama ini mengatakan bahwa gara-gara sebuah film layar lebar tentang Karate yang diperankan oleh seorang Aktor yang telah membuat Karate sangat terkenal di dunia. Hal ini sangat menggelikan. Aktor yang memerankan film itu adalah murid dari muridnya murid saya. Ia bukan seorang Karate Sejati, tetapi hanyalah Aktor. Tetapi bagaimanapun juga, Ia sangat hormat (respect) kepada saya dan memasang foto besar saya di kamar kerjanya.

Karate mendunia bukan dimulai karena hasil jerih payah Aktor itu, tetapi juga Karate mendunia tidak dimulai di Jepang. Bahkan kenyataanya, Jepang adalah negara terakhir yang merasakan ”mendunianya” Karate. Karate sangat terkenal secara global dimulai ketika saya mengadakan tour di Amerika Serikat, dalam tour itu, saya mengadakan pertandingan eksibisi dan pertunjukkan tentang kekuatan Karate. Secara bertahap, saya menerbitkan buku-buku tentang Karate dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Belanda serta bahasa-bahasa lainnya, selain itu saya dan murid-murid saya membuka dojo-dojo kira-kira sekitar 55 Negara.

Gambar

Kyokushin Karate menjadi sangat terkenal sampai-sampai semua pemuda yang belajar Kyokushin Karate di luar Jepang menganggab semua penduduk Jepang adalah ahli Kyokushin Karate, kadang-kadang mengundang pemuda di Jepang untuk menjadi instruktur mereka (walau pemuda itu bukan murid Kyokushin Karate dan tidak tahu menahu tentang Kyokushin). Sangatlah disayangkan, Popularitas Kyokushin ini di salah gunakan oleh Karateka-Karateka, dengan membuka Dojo yang menggunakan Photo saya, nama saya, dan jenis Karate saya tanpa ijin dengan saya terlebih dahulu. Orang yang mendirikan Dojo dengan nama saya atau photo saya tanpa seijin saya, biasanya mengetahui ilmu Karatenya di dapat dari membaca dan mempelajari Karate dari buku saya, dan semua orang tahu, Karate tidak dapat dipelajari hanya dengan membaca buku, sehebat apapun buku itu.

Meskipun saya telah mampu membunuh banyak Banteng dengan tangan kosong dan menantang serta mengalahkan semua Karateka dari semua asosiasi Karate nasional Jepang, di hari setelah perang Dunia kedua berakhir, pada masa itu ahli seni bela diri belum dihargai di Jepang. Untuk alasan itu, maka saya mengadakan banyak perjalanan keluar Jepang untuk menunjukkan kekuatan Karate dan memenangkan beberapa pertandingan eksibisi dengan murid-murid dan kawan-kawan di sana. Setelah itu, Karate lebih tepatnya Kyokushin Karate menjadi Global Karate. Kemudian Kyokushin Karate masuk ke Jepang dengan bentuk pelatihan dan pengajaran yang berbeda dengan Karate-Karate yang sudah ada sebelumnya di Jepang. Saya ulangi lagi, itulah kerja yang sudah saya lakukan untuk membuat Karate menjadi terkenal di dunia, dan Kyokushin Karate menjadi global karate menyebar ke seluruh dunia, jadi bukan karena pertolongan Actor di suatu pertunjukkan layar lebar.

Gambar

Segala aspek di Karate dan kerja saya mengenalkan Karate ke dunia yang tak terbilang banyak anak muda tertarik pada Kyokushin Karate adalah dikarenakan kekuatan Kyokushin  Karate yang tidak terbantahkan dan fakta bisa dibuktikan oleh siapapun juga.

Saya hanya mengadakan 7 pertunjukan eksibisi di Amerika Serikat, tetapi pertunjukkan itu di siarkan langsung oleh radio dan televisi yang menyebabkan semua orang di dunia ini melihat kekuatan dan teknik dari Karate yang saya demokan. Pada usia saya 27 tahun, merupakan masa puncak-puncaknya kekuatan saya, yang saya peroleh dari latihan saya di Gunung. Saya mengalahkan banyak lawan, sering kali mengalahkan mereka tidak lebih dari satu detik. Saya tidak akan membiarkan lawan saya bertahan menghadapi saya lebih dari satu atau dua menit.

Gambar

Setiap anak muda menginginkan menjadi seseorang yang kuat. Melihat kemampuan saya dalam eksibisi itu membuat banyak anak-anak muda Amerika menginginkan untuk menandingi kekuatan saya. Pada permulaan, Dojo Karate ecek-ecek (Dojo Karate-Karatean) di buka di Amerika dimana pelatihnya adalah seorang Judoka yang mengetahui Karate hanya dengan membaca buku-buku saya atau melihat dari film-film layar lebar tentang Karate. Pada awalnya orang-orang berkumpul ke Dojo Karate-karatean itu, tetapi kemudian mereka meninggalkannya dan mengikuti kepada Dojo Karate Yang Sebenarnya yang dibuka dan diajarkan oleh murid-murid saya yang saya utus ke Amerika Serikat. Setelah beberapa lama, maka murid-murid dari Dojo Karate-Karatean yang dijalankan oleh Judoka itu berkurang drastis, dan kami berkembang semakin pesat dan pesat, apalagi setelah Kyokushin Karate Training di buat paket latihan yang baku. Pada masa itu, saya menerbitkan buku dalam bahasa Ingris ”What Is Karate ? dan ” This is Karate”.

Gambar

Ketika Karate mulai diminati oleh anak-anak muda dari Barat, anak-anak muda di Jepang mulai tertarik dengan Karate. Perkembangan dan makin membesarnya Kyokushin Karate sungguh luar biasa, bahkan tidak pernah saya sangka-sangka dan antisipasi sebelumnya. Setelah beberapa lama, saya menyiapkan program latihan yang baku dan terukur serta mengadakan latihan di Rumah saya di Jepang, yang sekarang menjadi Honbu. Banyak orang datang langsung menemui saya untuk mendapatkan pelatihan dan instruksi langsung tentang Karate.

Setelah perkembangan nyata terjadi bahwa Mas Oyama Karate sangat terkenal dan diminati banyak orang, meyebabkan banyak orang membuka Dojo Kyokushin Karate Mas Oyama tanpa persetujuan saya dan tanpa kemampuan seperti yang saya harapkan. Akhirnya saya putuskan secara intensif untuk melatih mereka dengan pelatihan baku dari Kyokushin Karate, supaya tidak merugikan masyarakat yang mencintai Kyokushin Karate. Dan dikarenakan banyaknya cabang-cabang (branch) di Amerika Serikat, Inggris dan Belanda, akhirnya kami membuka di Jepang sebagai Kantor Pusat Internasional Kyokushin Karate.

Gambar

Perkembangan organisasi Kyokushin Karate International yang semakin besar serta penghormatan tentang Karate semakin tinggi, orang-orang yang ingin mempelajari Karate dengan melakukan latihan keras yang akan membuat mereka mampu melindungi diri sendiri dengan tangan kosong semakin bertambah pula. Di saat yang sama orang-orang di sekitar mereka menolak terjadinya peperangan bersenjata. Di dalam sejarah manusia, perkembangan teknologi senjata makin lama makin merusak dan makin lama makin membuat senjata itu menjadi senjata menakutkan, Senjata Nuklir. Pada jaman dahulu anak-anak bermain dengan mainan pedang atau pestol. Sekarang anak-anak belajar Karate, tetapi banyak juga anak-anak malah bermain mainan Bom Hydrogen. Sungguh sangat menyedihkan.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa Karate mempunyai kualitas yang baik untuk mendidik anak-anak muda. Banyak murid-murid kami, setelah menjalani banyak latihan, maka dengan tangan kosong mampu mematahkan leher botol, mematahkan batu, memecahkan papan dan memecahkan kepala banteng dengan tangan kosong. Tetapi kami sangat menekankan bahwa pelatihan secara benar tentang mental, attitude dan budi pekerti menjadi hal yang paling utama dalam Kyokushin Karate. Tetapi semua itu tidak bisa menjelaskan tentang dalamnya arti mistic Kyokushin Karate secara lebih mendalam.

Mistic sebenarnya dari Karate bisa dirasakan di pelatihan berulang ulang yang semakin dalam, pernapasan dan kebesaran dari Oriental Philosophies (The Great Chinese Wisdom) yang menyertainya. Di dalam tahun-tahun latihan Karate saya, bertarung dengan banyak lawan, dan menjelajahi permukaan bumi untuk urusan Karate. Saya semakin yakin bahwa dasar-dasar Karate adalah dari Oriental Philosophy. Itu sangat jelas sekali di tata cara bernapas dan meditasi yang kita laksanakan dalam latihan. Ini menjadi acuan pada dasar-dasar utama untuk pembentukan moral dan budi pekerti Karateka.

Gambar

Saya telah mempelajari dan membaca banyak buku tentang Tao, Konfisius dan Zen, tetapi yang sangat membahagiakan dan menggembirakan saya dalam pelatihan moral di Kyokushin adalah self confidence ”kepercayaan diri”. Perjalanan masih panjang, dan mungkin akan banyak rintangan yang menghadang di depan jalan kita, tetapi saya percaya dengan kalimat puisi dari Mencius ” Jalan kita adalah jalan yang mulia dan indah. Jalan itu mengarahkan kita ke Surga. Walau itu sangatlah jauh. Tetapi tidakkah seharusnyakah kita mencoba untuk membawanya lebih dekat dengan mempercepat sedikit demi sedikit, dari hari ke hari ?

Jadilah True Kyokushin, kuat laksana Singa ketika berhadapan dengan diri sendiri dan lembut laksana bunga ketika berhadapan dengan orang lain. Osu !

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar