氣 術 Ki Jutsu ILMU TENAGA DALAM by Shihan Silvester

Setiap manusia hidup pasti punya tenaga dalam, tenaga dalam pada hakekatnya adalah energi kehidupan, atau disebut juga sebagai Prana, pada hakekatnya ilmu Ki Jutsu sangat erat kaitannya , serta tidak bisa dipisahkan dengan seni bertarung, tetapi seiring dengan perjalanan waktu, karena Nei Jia Quan Pukulan Tenaga Dalam ini sangat sulit dimengerti dan dipelajari, maka ilmu PukulanTenaga Dalam inipun secara perlahan tetapi pasti, mulai ditinggalkan dan terlupakan! Dan orang lebih suka untuk mempelajari dan berlatih Wai Jia Quan Pukulan tenaga luar, yang lebih mudah dipahami dan dipelajari, dengan melatih otot untuk menambah kekuatan pukulan dan tendangan!

Gambar 

Ada tiga unsur dalam ilmu Tenaga Dalam, yaitu : Olah Raga, Olah Napas dan Olah Batin, untuk membangkitkan, mengisi, menambah, menyimpan dan menggunakan Tenaga Dalam, Ki Jutsu tidak bisa dipisahkan dengan Olah napas, Olah napas untuk melatih Ki ( tenaga dalam/energi kehidupan ) memakai metode pernapasan perut, jadi kita harus mengubah teknik bernapas kita yang bertumpu pada napas dada menjadi napas perut, sebenarnya pada waktu kita masih berujud janin didalam rahim ibu, kita bernapas pakai perut ( napas perut juga disebut sebagai pernapasan janin ), bahkan pada waktu kita masih balita, kita secara alami masih bernapas menggunakan perut, meski seharian kita beraktifitas, kita tidak pernah kelihatan merasa kecapaian, atau jika istirahat sebentar saja sudah pulih kembali! Tetapi ketika kita mulai bersekolah, kita diajarkan oleh guru olah raga kita untuk bernapas dada, maka kemampuan napas perut kitapun hilang, pada hal metode pernapasan dada itu sangat terbatas, dan metode pernapasan perut itu selain memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh pernapasan dada, juga akan mengexplorasi dan mengexploitasi kemampuan-kemampuan organ-organ dan mekanisme kehidupan kita secara maximal!

Metode pernapasan perut disebut juga sebagai Olah Dalam, dengan napas perut kita tidak hanya mengolah organ yang berada dirongga dada, yaitu paru-paru dan jantung, juga mengolah organ-organ yang ada didalam lambung, yaitu usus besar, usus kecil, mag, kandung kemih dan organ reproduksi, dengan napas perut, organ yang berada didalam lambung akan mendapat rangsangan yang sistemik, sehingga akan meningkatkan fungsi dari organ-organ tersebut,  tidak bisa dibantah lagi, jika organ-organ yang berada dilambung yang berfungsi sebagai organ pencernaan, penyerapan, pembuangan dan reproduksi berfungsi dengan baik, maka kita akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik!

Ki itu ada Ki pembawaan sejak lahir dari orang tua, ada Ki yang didapat setelah lahir, dari makanan, minuman dan udara, lemah atau kuatnya Ki seseorang, akan mempengaruhi kuat atau lemahnya tubuh, maka dari itu, untuk memperkuat Ki yang ada didalam diri kita, kita harus berlatih Ki Jutsu, Ki Jutsu ada dua jenis, yaitu :  untuk kesehatan dan untuk bertarung.

Memasuki abad 21, dimana iptek telah sedemikian maju dan canggih, tetapi pengetahuan tentang olah napas masih sangat dangkal, dan masih terbatas sebagai ilmu kesehatan dan menghambat proses penuaan! Masih banyak misteri yang menyelubungi tentang olah napas, yang belum kita ketahui dan kita pahami, untuk menguak rahasia olah napas yang luar biasa, memerlukan kerja keras serta upaya yang tidak pernah berhenti dari kita semua,  untuk kesehatan dan kesejahteraan umat manusia!

Pernapasan sangat erat dan tidak bisa dipisahkan dengan emosi, emosi bahagia, marah, sedih, gembira, gelisah, stres dan takut, bisa diketahui dari pola napas kita, ketika kita marah, pola napas kita pasti pendek-pendek, kala kita takut, pola napas kita pasti kacau balau!

Ketika kita menghadapi lawan atau bahaya yang mengancam jiwa kita, jika kita membiarkan rasa takut menguasai diri kita, dan membiarkan napas menjadi kacau, maka kita pasti akan menjadi bingung, kehilangan akal dan percaya diri, wajah kita akan menjadi pucat, bibir kebiruan dan gemetar, gigi gemeletak saling beradu, badan gemetar lemas tidak bertenaga, dan puncaknya terkencing-kencing sampai keluar kotorannya! Dalam kondisi yang demikian, meski kita memiliki teknik bertarung yang mumpuni, kemungkinan untuk memenangkan pertarungan dan lolos dari malaikat elmaut sangat kecil, atau bisa dikatakan tidak mungkin! Tetapi jika kita mampu menguasai perasaan kita, dan mengendalikan pernapasan dengan bernapas panjang, halus, dalam dan teratur, maka kita pasti menjadi tenang dan penuh rasa percaya diri, dan teknik-teknik bertarung yang telah menyatu dengan diri kita, pasti akan mengalir keluar tanpa pernah kita pikir dan kita sadari!

Ki Jutsu KESEHATAN

  1. Teknik bernapas perut menggunakan metode napas alami, yaitu tarik napas dari hidung dan buang napas dari hidung. tarik napas kembungkan perut, buang napas kempeskan perut, tarik napas semaksimal mungkin, baru buang napas semaksimal mungkin, napas tidak boleh ditahan.
  2. Metode napas harus panjang, halus tidak ada suara dan teratur, tidak boleh bernapas dengan cara pendek dan kasar, Ki sangat erat hubungannya dengan olah napas, semakin pelan dan halus olah napas, pergerakan Ki akan bertambah kuat.
  3. Berlatih Ki Jutsu bisa dilakukan dalam posisi bersila, berlutut, duduk, berdiri menonggak, bahkan berbaring, ujung lidah harus ditempelkan dilangit-langit, tepat dibelakang gigi depan ( disebut memasang jembatan ),  pandangan mata lurus kedepan, dibawah dagu seperti terganjal sebuah bola tenis, badan tegak dan kendor ( tidak tegang atau kaku ) sehingga memudahkan napas perut, dubur ditutup seperti menahan buang angin ( dinamakan memasang penghalang, untuk menahan Ki tidak bocor kebawah ).
  4. Selama olah napas, pada waktu menarik napas, kita harus membatin dan membayangkanmemasukan Ki dari alam lewat ubun-ubun, memutar Ki keseluruh tubuh dan mengumpulkan lagi diubun-ubun, pada waktu menghembuskan napas, kita harus membayangkan  menurunkan Ki yang terkumpul diubun-ubun, secara vertikal kebawah dan menyimpan di Tanden ( sumber dan tempat menyimpan Ki, terletak ditengah lambung, diantara pusar dan kemaluan, berada dibelakang kandung kemih, atau bisa disebut sebagai kandaga prana ).
  5. Jika dalam posisi berdiri  Heiko Dachi, Sanchin Dachi atau Kiba Dachi, maka jari-jari kaki harus dicengkeramkan kelantai, kedua lutut harus ditekuk, dan kedua dengkul harus seperti menjepit sebuah bola basket, selama proses latihan, kuda-kuda harus kuat dan tidak boleh goyah atau ikut naik turun.
  6. Sesuai dengan sifat dari Ki, yaitu tarik napas naik, buang napas turun, pada waktu menarik napas kembungnya perut, badan ( pinggang keatas ) bergerak naik dan pinggul berputar berlawanan arah jarum jam, sambil merasakan perut, dada dan punggung ikut mengembang, pada waktu membuang napas kempiskan perut, badan  bergerak turun dan pinggul berputar searah jarum jam, sambil merasakan perut, dada dan punggung ikut mengempis, pada waktu menarik napas, rasakan Ki bergerak diseluruh tubuh, dan tubuh akan terasa hangat, panas dan berkeringat, pada waktu membuang napas, kita harus membatin menyimpan Ki kedalam Tanden, olah napas pada posisi berdiri, kuda-kuda harus kuat tidak boleh ikut bergerak, hanya pinggang keatas yang bergerak naik turun seirama dengan napas, demikian juga pada posisi berlutut, selama proses olah napas, batin atau konsentrasi dan menjaga Tanden, pada tahap awal latihan ilmu Tenaga Dalam, abaikan dulu teknik  naik turunnya badan dan berputarnya pinggul, karena teknik ini sangat sulit dipelajari, kuasai dulu teknik mengembang kempiskan perut, kemampuan yang lain akan muncul dikemudian hari.

Posisi berlutut

Posisi berlutut seperti pada waktu upacara, kedua kepalan diletakan dipangkal paha, ujung lidah ditempelkan dilangit-langit dibelakang gigi depan, pandangan lurus kedepan, dibawah dagu seperti terganjal sebuah bola tenis, badan tegak dalam keadaan kendor ( tidak tegang dan kaku ), lalu kedua mata dipejamkan ( memasang tirai ), lalu mulai mengolah napas dengan pelan, halus, panjang dan teratur, sambil mengembang kempeskan perut, pada waktu tarik napas, rasakan Ki yang bersumber dari Tanden memancar dan menyebar keseluruh tubuh, pada waktu membuang napas, kita harus membatin dan membayangkan  mengumpulkan Ki diubun-ubun, lalu diturunkan vertikal kebawah dan menyimpan di Tanden, lakukan minim 30 x, jika kita melakukan pada waktu sesi istirahat setelah melakukan Kihon, hawa hangat akan menyelimuti sekujur tubuh dan berkeringat lagi, badan terasa nyaman dan segar, serta siap lagi untuk melakukan latihan berikutnya, jika dilakukan pada sesi istirahat, mengingat waktu, lakukan 10 x saja.

Posisi berdiri menonggak

Telapak tangan tertangkup

Posisi kaki Heiko Dachi atau Uchi Hachiji Dachi, jari-jari kaki mencengkeram lantai, kedua lutut ditekuk, dengkul seperti menjepit bola basket ditengah-tengah kaki, ujung lidah ditempelkan diatas langit-langit dibelakang gigi depan, pandangan mata lurus kedepan, dibawah dagu seperti terganjal sebuah bola tenis, badan tegak dalam keadaan kendor ( tidak tegang dan kaku ), jari-jari tangan rapat dan cembung, kedua telapak tangan ditangkupkan sehingga berongga, diletakan menjulur didepan dada, konsentrasi pada kedua telapak tangan, tarik napas dari hidung secara halus dan panjang perut dikembungkan, seiring dengan tarikan napas, kedua telapak tangan seirama dengan napas pelan-pelan ditarik kearah dada, setelah tarikan napas mencapai batas maximal ( tidak boleh ditahan ) harus segera dihembuskan secara halus dan panjang perut dikempeskan, kedua telapak tangan seirama dengan napas didorong pelan-pelan kearah kebawah, setelah napas habis dihembuskan, tarik napas lagi dan menarik kembali kedua telapak tangan kearah dada, buang napas dan kedua tangan didorong kearah tengah, setelah itu kearah atas, lalu ulangi lagi dari atas, tengah dan bawah, dari bawah, tengah dan atas, lakukan 30x, rasa kan sensasi ada hawa panas yang memancar dari Tanden, menyebar keseluruh badan, dan terkumpul didalam tangkupan tangan, itulah yang dinamakan Ki atau tenaga dalam, itulah energi kehidupan kita! Jika kita melatihnya pada sesi calsthenic dan strectching, lakukan 10 x saja.

Tangan memegang bola

Posisi kaki bisa Sanchin Dachi, Heisoku Dachi, Uchihachiji Dachi atau Kiba Dachi, jari-jari kaki mencengkeram lantai, kedua lutut ditekuk, dengkul seperti menjepit bola basket ditengah-tengah kaki, ujung lidah ditempelkan diatas langit-langit dibelakang gigi depan, pandangan mata lurus kedepan, dibawah dagu seperti terganjal sebuah bola tenis, badan tegak dalam keadaan kendor ( tidak tegang dan kaku ), dubur dalam keadaan tertutup seperti menahan buang angin, jari-jari tangan rapat dan cembung, seperti memegang sebuah bola yang besar didepan perut, bayangkan ada ¼ bola berada didalam Tanden,  ¾ bola berada diluar Tanden, telapak tangan dalam posisi menahan bola tersebut agar tidak jatuh setinggi Tanden, dikedua ketiak seperti terganjal dua bola tenis ( ada 5 buah bola yang harus dijepit ), lalu kedua mata dipejamkan, lalu mulai olah napas dengan pelan, halus, panjang dan teratur, lakukan minim 30 x napas ( tarik dan buang 1 hitungan ), setelah itu rasakan sensasi pergerakan Ki didalam tubuh.

Kita juga bisa melatih Ki Jutsu dalam posisi duduk, bersila dan berbaring, metode latihannya sama.

Ada satu hal penting yang harus diperhatikan, jika kita berlatih Ki Jutsu dalam posisi menonggak dan memegang bola, usahakan berlatih ditempat yang tenang, juga beritahukan pada keluarga agar tidak diganggu atau dikejutkan, untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena bisa terjadi Zou Huo Ru Mo, yang bisa mengakibatkan peredaran Ki ditubuh kacau balau, bahkan bisa terjadi stoke yang mengakibatkan syaraf-syaraf diotak pecah!

Gambar

Ki Jutsu SENI BERTARUNG

  1. Teknik bernapas perut, menggunakan metode tarik napas dari hidung, buang napas dari mulut, tarik napas dengan cepat kembungkan perut, lalu buang dengan cepat dari mulut, dengan mengempeskan perut.
  2. Biasanya kita melatih Ilmu Tenaga Dalam seni bertarung pada waktu melakukan Kihon, dalam posisi kaki Sanchin Dachi atau Kiba Dachi, jari-jari kaki mencengkeram lantai, kedua lutut ditekuk, dengkul seperti menjepit sebuah bola basket, dubur dalam keadaan tertutup seperti menahan buang angin, pandangan mata lurus kedepan, dibawah dagu seperti terganjal sebuah bola tenis, badan tegak menghadap kedepan, dalam keadaan kendor ( tidak tegang dan kaku ), dubur ditutup seperti menahan buang angin, pada waktu menarik tangan kesamping dada, tarik napas pendek perut dikembungkan, pada waktu memukul buang napas dari mulut dengan teriakan Kiai! Sambil mengempeskan perut atau dengan sedikit menurunkan badan untuk menekan perut, serta menggerakan pinggul dan pinggang untuk menekan perut, teknik ini sangat sulit dikuasai, kita harus melatihnya dengan konsisten, teknik bernapas ini juga digunakan pada waktu kita melatih tangkisan dan tendangan, pada waktu menekan perut, serta menggerakan pinggul dan pinggang, dada tetap menghadap kedepan, kuda-kuda tidak boleh bergerak.
  3. Pada waktu kita melakukan memukul dan mengempeskan perut untuk menekan Tanden, kita harus membatin dan membayangkan, Ki akan memancar keluar ketika Tanden ditekan, mengalir kebawah melalui tulang ekor dan menyusuri tulang punggung dan ketiak, lalu mengalir ke Ura Kote dan meledak lewat Kento, atau bagian tangan yang lain, demikan juga pada waktu menendang, kita  bayangkan Ki akan mengalir kebawah kebagian kaki yang digunakan untuk menendang, misalnya Chusoko, Hoisoku, Shokuto, Kakato dan lain-lain.

Perbedaan yang sangat mencolok dari Ki Jutsu kesehatan dan seni bertarung sangat jelas sekali, yaitu jika Ki Jutsu kesehatan bertujuan untuk menampung Ki di Tanden, maka Ki Jutsu seni bertarung justru menyalurkan Ki dari Tanden, selain itu perbedaan yang sangat mencolok pada letak ujung lidah, jika Ki Jutsu kesehatan diletakan dilangit-langit dibelakang gigi atas, maka Ki Jutsu seni bertarung diletakan dibelakang gigi bawah.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke 氣 術 Ki Jutsu ILMU TENAGA DALAM by Shihan Silvester

  1. Indra Budiman berkata:

    Dimana alamatnya di Jakarta bisa berlatih Ki Jutsu.

    Terima kasih

  2. Angga Umar berkata:

    Osu … informasi yang berguna. trima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s